KISI-KISI USBN SMP MTS 2017
Apa kabar siswa SMP MTs? Sebentar lagi kalian akan menghadapai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Apakah kalian sudah siap? sebaiknya kalian harus mempersiapkan sedini mungkin agar mendapat nilai yang diinginkan.
Dalam postingan kali ini saya akan ulas tentang Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMP 2017.
Mudah-mudahan postingan ini berguna untuk kalian ketika akan belajar untuk USBN 2017 nanti.
Seklumit tentang Kisi-kisi soal bahwa dalam Ilmu Kependidikan
Kisi- kisi soal adalah suatu rancangan yang terdiri dari tujuan- tujuan khusus dan perilaku-perilaku khusus yang akan menjadi dasar penyusunan soal tes.
Tujuannya adalah untuk menjaga agar tes yang disusun tidak menyimpang dari bahan atau materi.
Kisi- kisi atau blue print wujudnya itu seperti sebuah tabel yang memuat tentang perincian materi dan tingkah laku beserta imbangan atau proporsi yang dikehendaki oleh si pembuat tes.
Berikut adalah file untuk di download terbentuk dari file berextensi .docx
kisi-kisi Mata Pelajaran PAI USBN 2017 dan kamu buka di Ms Word.
Silahkan kalian baca dan siapkan buku dari kelas 7 sampai dengan kelas 9 untuk Kurikulum KTSP 2006.
Kemudian, di bawah ini saya siapkan bahan agar kalian lebih mudah dalam belajar, yaitu berupa tabel yang terdiri dari indikator dan prediksi soal.
Prediksi soal memuat link yang langsung kepada pembahasannya. tanpa kamu harus buka buku-buku lagi.
Saya berharap ini dapat memudahkan kalian untuk belajar SOAL USBN PAI SMP 2017 ini.
Sekian semoga bisa membantu..
INDIKATOR
|
NO
SOAL
|
PREDIKSI
SOAL
|
Ditampilkan ayat Al-Quran
yang mengandung hukum bacaan mim mati, peserta didik dapat mengidentifikasi
bacaan ikhfa syafawi dengan benar.
|
1
|
|
Disajikan ayat Al-Quran yang
mengandung hukum bacaan nun mati/tanwin, peserta didik dapat menuliskan 4
(empat) lafadz dan hukum bacaannya yang berkaitan dengan nun mati / tanwin.
|
41
|
soal essay
|
Ditampilkan
ayat Al-Quran yang mengandung hukum bacaan qalqalah, peserta didik dapat
mengidentifikasi bacaan qalqalah
sugra/kubra dengan benar.
|
2
|
|
Ditampilkan ayat Al-Quran
yang mengandung hukum ra, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan
ra tarqiq/
tafkhim dengan benar.
|
3
|
|
Disajikan tabel yang berisi
lafal ayat dan arti surat al-Tin, peserta didik dapat menentukan pasangannya
dengan tepat.
|
4
|
memasangkan atau mencocokan ayat sesuai
bacaanya pada surat At tin..
|
Ditampilkan satu ayat pada
surat al-Tin, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungannya.
|
5
|
|
Disajikan satu ayat Q.S
At-Tin yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi ayat tersebut
dengan benar.
|
6
|
lengkapi ayat pada surat attin
|
Ditampilkan hadis tentang
menuntut ilmu, peserta didik dapat menjelaskan maknanya dengan benar.
|
7
|
|
Ditampilkan beberapa ayat
Q.S. al Insyirah secara acak, peserta didik dapat mengurutkan ayat-ayat
tersebut dengan benar.
|
*8
|
menghafal surat al insyirah/alam nasyrah..
|
Disajikan tabel tentang
sifat wajib Allah Swt dan artinya, peserta didik dapat menentukan pasangan
yang tepat.
|
*9
|
|
Disajikan ilustrasi tentang
pengamalan iman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik
dapat menentukan nama malaikat yang dimaksud dengan benar.
|
*10
|
|
Disajikan beberapa isi
ajaran dari kitab-kitab Allah Swt., peserta didik dapat menentukan isi ajaran
salah satu kitab Allah Swt. dengan benar.
|
*11
|
sebutkan nama-nama kitab Allah dan para
nabinya dan isi ajarannya..
|
Peserta didik dapat
menunjukkan 4 (empat) contoh perilaku implementasi pengamalan iman
kepada al Qur’an secara tepat.
|
42
|
sebutkan implementasi perilaku beriman kepada
al quran..
|
Disajikan nama-nama nabi dan
rasul, peserta didik dapat mengidentifikasi nabi dan rasul yang
bergelar Ulul Azmi dengan tepat.
|
12
|
hafalkan nabi-nabi bergelar ulul azmi..
|
Disajikan tabel tentang
sifat-sifat wajib atau mustahil bagi rasul dan artinya, peserta didik dapat
menentukan pasangan yang benar.
|
13
|
|
Ditunjukkan beberapa
pernyataan, peserta didik dapat
mengidentifikasi tanda-tanda kiamat sugra atau kubra dengan benar.
|
14
|
sebutkan ciri-ciri atau tanda-tanda kiamat
sugra dan kubra..
|
Disediakan beberapa
pernyataan tentang kejadian setelah hari kiamat, peserta didik dapat
mengidentifikasi peristiwa sesuai dengan salah satu nama hari kiamat dengan
benar.
|
15
|
sebutkan nama-nama lain dari hari kiamat dan
artinya..
|
Dituliskan
beberapa perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan qada dan
qadar, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku beriman kepada qada dan
qadar yang benar.
|
16
|
perilaku beriman dalam mengimani qada dan
qarar..
|
Disajikan beberapa pernyataan
tentang hikmah beriman, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang
mengandung hikmah beriman kepada Qada dan Qadar dengan benar.
|
17
|
pernyataan mengenai hikmah beriman kepada qada
dan qadar dengan benar..
|
Disediakan ilustrasi tentang
peristiwa sehari-hari tentang macam-macam sikap sabar, peserta didik dapat
menunjukkan sikap sabar dalam beribadah kepada Allah Swt. dengan benar.
|
18
|
jelaskan sifat sabar dalam beribadah kepada
Allah dengan benar!
|
Ditunjukkan contoh perilaku
terpuji, peserta didik dapat menentukan contoh perbuatan ulet dengan benar.
|
*19
|
jelaskan contoh perilaku terpuji ulet ..
|
Dipaparkan ilustrasi tentang
perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan
contoh perilaku zuhud dengan benar.
|
20
|
jelaskan
contoh perilaku terpuji zuhud ..
|
Ditampilkan
ilustrasi tentang perilaku sehari-hari yang mengandung salah satu sikap
tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah atau namimah), peserta didik dapat
menentukan cara menghindarinya dengan benar.
|
21
|
|
Disajikan beberapa
pernyataan tentang adab makan dan minum, peserta didik dapat mengidentifikasi
adab makan dan minum yang benar.
|
22
|
jelaskan adab atau tata krama maka dan minum
...
|
Disajikan ilustrasi tentang
keadaan kehidupan seseorang, peserta didik dapat menentukan sikap qona’ah
dengan tepat.
|
23
|
|
Ditampilkan
beberapa pernyataan tentang manfaat dari perilaku terpuji, peserta didik
dapat menentukan hikmah perilaku tasamuh dengan benar.
|
24
|
|
Disajikan ilustrasi kegiatan
keagamaan yang dilaksanakan oleh sekolah, peserta didik dapat menuliskan cara
menerapkan sikap tasamuh dalam kegiatan tersebut.
|
43
|
contohkan perilaku tasammuh dalam kegiatan
keagamaan..
|
Disajikan beberapa hikmah
menghindari perilaku tercela, peserta didik dapat menentukan hikmah
menghindari sikap takabur dengan tepat.
|
*25
|
|
Disajikan ilustrasi
seseorang yang terkena najis, peserta didik dapat menuliskan tata cara
mesucikan najis tersebut secara tepat
|
*44
|
|
Disajikan beberapa gambar
gerakan shalat dan bacaannya, peserta didik dapat menentukan pasangannya
dengan benar.
|
26
|
tentukan gerakan shalat di bawah ini..
|
Disajikan beberapa
pernyataan tentang ketentuan salat berjamaah, peserta didik dapat menentukan
syarat menjadi imam dengan benar.
|
27
|
|
Disajikan beberapa
pernyataan tentang ketentuan khutbah jumat, peserta didik dapat menentukan
rukun khutbah jumat dengan benar
|
*28
|
|
Disajikan
sebuah ilustrasi tentang kondisi dalam kehidupan sehari-hari yang menyebabkan
seseorang boleh melaksanakan salat jama dan qasar, peserta didik dapat
menentukan tata cara salat jama dan qasar yang tepat sesuai dengan ilustrasi
tersebut
|
29
|
|
Ditampilkan beberapa pernyataan yang berkaitan
dengan waktu pelaksanaan puasa sunah, peserta didik dapat menunjukkan nama puasa sunah dengan tepat.
|
30
|
|
Disajikan sebuah ilustrasi
tentang harta kekayaan seseorang, peserta didik dapat menghitung jumlah zakat
yang wajib dikeluarkan dengan benar.
|
31
|
sebutkan arti zakat mal dan tentukan berapa
nisab dan haulnya..
|
Disajikan sebuah ilustrasi
penyembelihan hewan yang kurang tepat dalam kehidupan sehari-hari, peserta
didik dapat menunjukkan letak kesalahannya dengan tepat.
|
32
|
jelaskan cara menyembelih hewan dengan benar..
|
Disajikan sebuah masalah
tentang pelaksanaan kurban atau akikah, peserta didik dapat menentukan solusi
masalah tersebut berdasarkan ajaran agama Islam.
|
33
|
jelaskan pengertian kurban dan aqiqah..
|
Disajikan beberapa
pernyataan tentang amalan- amalan ibadah haji, peserta didik dapat
mengklasifikasikan yang termasuk sunnah haji.
|
*34
|
sebutkan sunah-sunah haji..
|
Disajikan nama-nama sahabat
Nabi Muhammad saw. peserta didik dapat mengidentifkasi sahabat nabi yang
termasuk As-Sabiqun al-A wwalun dengan benar.
|
*35
|
sebutkan nama-nama shabat nabi yang termasuk
as-sabiqunal awwalun..
|
Disajikan
sebuah narasi perilaku Nabi Muhammad saw.,
peserta didik dapat menentukan misi Nabi Muhammad saw. untuk menyempurnakan akhlak.
|
*36
|
jelaskan
misi nabi muhammad untuk menyempurnakan akhlak..
|
Disajikan
sajikan 4 (empat) tokoh cendikawan muslim / ilmuwan muslim pada
masa Abbasiyyah, peserta didik dapat menuliskan bidang keahlian para
ilmuwan tersebut secara tepat.
|
45
|
|
Disajikan beberapa fakta
tentang proses masuknya Islam di Nusantara, peserta didik dapat menentukan
pendekatan cara masuknya Islam di Nusantara melalui pendekatan sosial budaya
dengan benar.
|
37
|
jelaskan cara masuknya islam di indonesia
melalui pendekatan sosial budaya ..
|
Disajikan deskripsi tentang
peran kerajaan Islam di Nusantara dalam dakwah, pendidikan, ekonomi dan
kebudayaan serta perlawanan terhadap penjajahan, peserta didik dapat menentukan
nilai yang patut diteladani dengan benar.
|
38
|
sebutkan nilai-nilai yang patut di teladani
pada zaman kerajaan islam di indonesia dalam hal dakwa, pendidikan ekonomi,
kebudayan dan perlawanan terhadap penjajah..
|
Disajikan tabel tentang
karya Seni tradisi Islam yang berkembang di Nusantara dan asal daerahnya,
peserta didik dapat menentukan pasangan yang benar.
|
39
|
sebutkan karya seni tradisi islam di
nusantara/indonesia berdasarkan daerahnya..
|
Disajikan salah satu contoh
tradisi Islam Nusantara, peserta didik dapat menentukan nilai- nilai moral
yang terkandung di dalamnya dengan benar.
|
40
|
jelaskan nilai moral yang terkandung adanya
tradisi islam di indonesia..
|
0 komentar:
Posting Komentar