PREDIKSI SOAL USBN PAI SMP DAN MTS 2017



KISI-KISI USBN SMP MTS 2017


Apa kabar siswa SMP MTs? Sebentar lagi kalian akan menghadapai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Apakah kalian sudah siap? sebaiknya kalian harus mempersiapkan sedini mungkin agar mendapat nilai yang  diinginkan.

Dalam postingan kali ini saya akan ulas tentang Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMP 2017.

Mudah-mudahan postingan ini berguna untuk kalian ketika akan belajar untuk USBN 2017 nanti.

Seklumit tentang Kisi-kisi soal  bahwa dalam Ilmu Kependidikan

Kisi- kisi soal adalah suatu rancangan yang terdiri dari tujuan- tujuan khusus dan perilaku-perilaku khusus yang akan menjadi dasar penyusunan soal tes.

Tujuannya adalah untuk menjaga agar tes yang disusun tidak menyimpang dari bahan atau materi.

Kisi- kisi atau blue print wujudnya itu seperti sebuah tabel yang memuat tentang perincian materi dan tingkah laku beserta imbangan atau proporsi yang dikehendaki oleh si pembuat tes.


Berikut adalah file untuk di download terbentuk dari file berextensi .docx
kisi-kisi  Mata Pelajaran PAI USBN 2017 dan kamu buka di Ms Word.

Silahkan kalian baca dan siapkan buku dari kelas 7 sampai dengan kelas 9 untuk Kurikulum KTSP 2006.

Kemudian, di bawah ini saya siapkan bahan agar kalian lebih mudah dalam belajar, yaitu berupa tabel yang terdiri dari indikator dan prediksi soal. 

Prediksi soal memuat link yang langsung kepada pembahasannya. tanpa kamu harus buka buku-buku lagi. 

Saya berharap ini dapat memudahkan kalian untuk belajar SOAL USBN PAI SMP 2017 ini.
Sekian semoga bisa membantu..

INDIKATOR
NO
SOAL
PREDIKSI SOAL
Ditampilkan ayat Al-Quran yang mengandung hukum bacaan mim mati, peserta didik dapat mengidentifikasi bacaan ikhfa syafawi dengan benar.
1
Disajikan ayat Al-Quran yang mengandung hukum bacaan nun mati/tanwin, peserta didik dapat menuliskan 4 (empat) lafadz dan hukum bacaannya yang berkaitan dengan nun mati / tanwin.
41
 soal essay
Ditampilkan ayat Al-Quran yang mengandung hukum bacaan qalqalah, peserta didik dapat mengidentifikasi bacaan qalqalah sugra/kubra dengan benar.
2
Ditampilkan ayat Al-Quran yang mengandung hukum ra, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan ra tarqiq/ tafkhim dengan benar.
3
Disajikan tabel yang berisi lafal ayat dan arti surat al-Tin, peserta didik dapat menentukan pasangannya dengan tepat.
4
 memasangkan atau mencocokan ayat sesuai bacaanya pada surat At tin..
Ditampilkan satu ayat pada surat al-Tin, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungannya.
5
Disajikan satu ayat Q.S At-Tin yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi ayat tersebut dengan benar.
6
lengkapi ayat pada surat attin 
Ditampilkan hadis tentang menuntut ilmu, peserta didik dapat menjelaskan maknanya dengan benar.
7
Ditampilkan beberapa ayat Q.S. al Insyirah secara acak, peserta didik dapat mengurutkan ayat-ayat tersebut dengan benar.
*8
 menghafal surat al insyirah/alam nasyrah..
Disajikan tabel tentang sifat wajib Allah Swt dan artinya, peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat.
*9
Disajikan ilustrasi tentang pengamalan iman kepada malaikat dalam kehidupan sehari­-hari, peserta didik dapat menentukan nama malaikat yang dimaksud dengan benar.
*10
Disajikan beberapa isi ajaran dari kitab-kitab Allah Swt., peserta didik dapat menentukan isi ajaran salah satu kitab Allah Swt. dengan benar.
*11
 sebutkan nama-nama kitab Allah dan para nabinya dan isi ajarannya..
Peserta didik dapat menunjukkan 4 (empat) contoh perilaku implementasi pengamalan iman kepada al Qur’an secara tepat.
42
sebutkan  implementasi perilaku beriman kepada al quran..
Disajikan nama-nama nabi dan rasul, peserta didik dapat mengidentifikasi nabi dan rasul yang bergelar Ulul Azmi dengan tepat.
12
 hafalkan nabi-nabi bergelar ulul azmi..
Disajikan tabel tentang sifat-sifat wajib atau mustahil bagi rasul dan artinya, peserta didik dapat menentukan pasangan yang benar.
13
Ditunjukkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi tanda-tanda kiamat sugra atau kubra dengan benar.
14
 sebutkan ciri-ciri atau tanda-tanda kiamat sugra dan kubra..
Disediakan beberapa pernyataan tentang kejadian setelah hari kiamat, peserta didik dapat mengidentifikasi peristiwa sesuai dengan salah satu nama hari kiamat dengan benar.
15
 sebutkan nama-nama lain dari hari kiamat dan artinya..
Dituliskan beberapa perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan qada dan qadar, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku beriman kepada qada dan qadar yang benar.
16
 perilaku beriman dalam mengimani qada dan qarar..
Disajikan beberapa pernyataan tentang hikmah beriman, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang mengandung hikmah beriman kepada Qada dan Qadar dengan benar.
17
 pernyataan mengenai hikmah beriman kepada qada dan qadar dengan benar..
Disediakan ilustrasi tentang peristiwa sehari-hari tentang macam-macam sikap sabar, peserta didik dapat menunjukkan sikap sabar dalam beribadah kepada Allah Swt. dengan benar.
18
 jelaskan sifat sabar dalam beribadah kepada Allah dengan benar!
Ditunjukkan contoh perilaku terpuji, peserta didik dapat menentukan contoh perbuatan ulet dengan benar.
*19
 jelaskan contoh perilaku terpuji ulet ..
Dipaparkan ilustrasi tentang perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku zuhud dengan benar.
20
jelaskan contoh perilaku terpuji zuhud ..
Ditampilkan ilustrasi tentang perilaku sehari-hari yang mengandung salah satu sikap tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah atau namimah), peserta didik dapat menentukan cara menghindarinya dengan benar.
21
Disajikan beberapa pernyataan tentang adab makan dan minum, peserta didik dapat mengidentifikasi adab makan dan minum yang benar.
22
 jelaskan adab atau tata krama maka dan minum ...
Disajikan ilustrasi tentang keadaan kehidupan seseorang, peserta didik dapat menentukan sikap qona’ah dengan tepat.
23
Ditampilkan beberapa pernyataan tentang manfaat dari perilaku terpuji, peserta didik dapat menentukan hikmah perilaku tasamuh dengan benar.
24
Disajikan ilustrasi kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh sekolah, peserta didik dapat menuliskan cara menerapkan sikap tasamuh dalam kegiatan tersebut.
43
 contohkan perilaku tasammuh dalam kegiatan keagamaan..
Disajikan beberapa hikmah menghindari perilaku tercela, peserta didik dapat menentukan hikmah menghindari sikap takabur dengan tepat.
*25
Disajikan ilustrasi seseorang yang terkena najis, peserta didik dapat menuliskan tata cara mesucikan najis tersebut secara tepat
*44
Disajikan beberapa gambar gerakan shalat dan bacaannya, peserta didik dapat menentukan pasangannya dengan benar.
26
 tentukan gerakan shalat di bawah ini..
Disajikan beberapa pernyataan tentang ketentuan salat berjamaah, peserta didik dapat menentukan syarat menjadi imam dengan benar.
27
Disajikan beberapa pernyataan tentang ketentuan khutbah jumat, peserta didik dapat menentukan rukun khutbah jumat dengan benar
*28
Disajikan sebuah ilustrasi tentang kondisi dalam kehidupan sehari-hari yang menyebabkan seseorang boleh melaksanakan salat jama dan qasar, peserta didik dapat menentukan tata cara salat jama dan qasar yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut
29
Ditampilkan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan waktu pelaksanaan puasa sunah, peserta didik dapat menunjukkan nama  puasa sunah dengan tepat.
30
Disajikan sebuah ilustrasi tentang harta kekayaan seseorang, peserta didik dapat menghitung jumlah zakat yang wajib dikeluarkan dengan benar.
31
 sebutkan arti zakat mal dan tentukan berapa nisab dan haulnya..
Disajikan sebuah ilustrasi penyembelihan hewan yang kurang tepat dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan letak kesalahannya dengan tepat.
32
 jelaskan cara menyembelih hewan dengan benar..
Disajikan sebuah masalah tentang pelaksanaan kurban atau akikah, peserta didik dapat menentukan solusi masalah tersebut berdasarkan ajaran agama Islam.
33
 jelaskan pengertian kurban dan aqiqah..
Disajikan beberapa pernyataan tentang amalan- amalan ibadah haji, peserta didik dapat mengklasifikasikan yang termasuk sunnah haji.
*34
sebutkan sunah-sunah haji.. 
Disajikan nama-nama sahabat Nabi Muhammad saw. peserta didik dapat mengidentifkasi sahabat nabi yang termasuk As-Sabiqun al-A wwalun dengan benar.
*35
sebutkan nama-nama shabat nabi yang termasuk as-sabiqunal awwalun.. 
Disajikan sebuah narasi perilaku Nabi Muhammad saw., peserta didik dapat menentukan misi Nabi Muhammad saw. untuk menyempurnakan akhlak.
*36
 jelaskan misi nabi muhammad untuk menyempurnakan akhlak..
Disajikan sajikan 4 (empat) tokoh cendikawan muslim / ilmuwan muslim pada masa Abbasiyyah, peserta didik dapat menuliskan bidang keahlian para ilmuwan tersebut secara tepat.
45
Disajikan beberapa fakta tentang proses masuknya Islam di Nusantara, peserta didik dapat menentukan pendekatan cara masuknya Islam di Nusantara melalui pendekatan sosial budaya dengan benar.
37
 jelaskan cara masuknya islam di indonesia melalui pendekatan sosial budaya ..
Disajikan deskripsi tentang peran kerajaan Islam di Nusantara dalam dakwah, pendidikan, ekonomi dan kebudayaan serta perlawanan terhadap penjajahan, peserta didik dapat menentukan nilai yang patut diteladani dengan benar.
38
 sebutkan nilai-nilai yang patut di teladani pada zaman kerajaan islam di indonesia dalam hal dakwa, pendidikan ekonomi, kebudayan dan perlawanan terhadap penjajah..
Disajikan tabel tentang karya Seni tradisi Islam yang berkembang di Nusantara dan asal daerahnya, peserta didik dapat menentukan pasangan yang benar.
39
 sebutkan karya seni tradisi islam di nusantara/indonesia berdasarkan daerahnya..
Disajikan salah satu contoh tradisi Islam Nusantara, peserta didik dapat menentukan nilai- nilai moral yang terkandung di dalamnya dengan benar.
40
 jelaskan nilai moral yang terkandung adanya tradisi islam di indonesia..
Sukai dan bagikan ini ke .. :
Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Al-Madinah KKMB | Admin Bakrudin
close
banner iklan di sini
notifikasi
close